Kamis, 08 Agustus 2013

Mengenal Pengertian dan Cara Kerja BIOS

Mengenal Pengertian dan Cara Kerja BIOS


MENGENAL PENGERTIAN DAN CARA KERJA BIOS

        Mengenal cara kerja bios merupakan hal yang dapat membantu kita saat hendak melakukan troubleshooting pada kerusakan computer . seperti misalnya pada kasus computer mati total ternyata bisa diatasi dengan cara mereset BIOS computer . dalam artikel ini kita akan mencoba mengenal BIOS terlebih dahulu;

Pengertian bios

     BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output Sistem, merupakan suatu softwere (di tulis dalam bahasa assembly) yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras( hardware) computer. BIOS tertanam dalam sebuah chip memory  (RAM ataupun flas memory berbahan complimentary metal oxide semicom Ductor CMOS) yang terdapat pada motherboard. Sebuah batrai CMOS berfungsi untuk menjaga agar tampilan dan setingan yang telah kita setpada BIOS tidak hilang atau kembali kekonfigurasi awal meskipun computer dimatikan.
Fungsi kerja bios
    Fungsi utama bios adalah untuk memberikan instruksi yang di kenal dengan istilah
POST(Power On Selft Test)taitu perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat system CPU,RAM,VGA Card,keyboard dan mouse ,Hardisk drive,optikal (CD/DVD)drive dan herdward  lainnya pada pada saat computer mulai booting.

CARA KERJA BIOS

     Seperti telah dijelaskan diatas bahwa fungsi utama bios melakukan post sedangkan urutan-urutan atau cara kerja bios adalah dimulai dengan proses inisualisasi, damana dalam proses ini kita bias melihat  jumlah memory yang terinstal, jenis hardiskdan kapasitasnya dan sebagainya.
 Bios kemudian akan mencari, menganalisasi  dan menampilkan infomasi dari Graphics card. Kemudian akan mengecek deviect room lain seperti hardisk dan kemudian melakukan pengetesan RAM yaitu memory cowit test. Setelah semua test komponen berhasil di lakukan, BIOS kemudian akan mencari lokasi  booting device dan system oprasi. Mengena cara kerja bios atau urutan_urutan apa saja yang dikerjakan bios pada saat melakukan POST ini bias dibaca pada postingan mengenal urutan proses startup kommputer.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2014. CUNEL BLOGGER - All Rights Reserved